VS House di Ahmedabad memiliki ubin batu kayu dan India

Posted on


Perusahaan arsitektur Sārānsh menggunakan berbagai bahan untuk menciptakan rasa taktil di rumah keluarga ini di Ahmedabad, India Barat.

VS House terletak di pinggiran kota Ahmedabad. Itu dibangun sebagai rumah empat tempat tidur tujuh tahun yang lalu, tetapi dikonfigurasi ulang oleh Sārānsh. Sekarang memiliki tiga kamar tidur dan ruang tamu yang lebih luas.

VS House dirancang oleh Sārānsh

“Rumah ini dirancang dengan nada yang sangat minimalis,” kata studio. “Alih-alih menambahkan lebih banyak elemen, fokusnya adalah pada jenis bahan yang digunakan untuk memperbaiki bagian dalam dan menciptakan suasana keseluruhan.”

“Salah satu fokusnya adalah pada perjalanan visual dan taktil seseorang melalui rumah.”

VS House dirancang oleh Sārānsh

Lantai di seluruh rumah terbuat dari batu kota abu-abu – berbagai batu gamping yang ditambang di Rajasthan di utara India.

Di ruang tamu, ubin Kota diaplikasikan di atas lantai dalam pola herringbone. Basis kayu rendah dengan lubang-lubang persegi mengelilingi ruangan dan membawa bantal kursi abu-abu yang mewah.

VS House dirancang oleh Sārānsh

Lembaran kota yang lebih besar digunakan untuk lantai di area tempat duduk yang kurang formal dari rumah, yang dilengkapi dengan sofa kayu biru. Kamar ini terbuka ke teras luar yang menghadap ke halaman yang ditanam.

Blok-blok kota kecil kemudian disusun dalam garis-garis linier di lantai “ruang gerak” seperti koridor atau di sebelah panel kayu untuk lantai kamar tidur.

VS House dirancang oleh Sārānsh

Berbagai bahan berganti-ganti di ruang makan atmosfer, di mana lantai dilapisi dengan ubin Kadappa hitam pekat dari wilayah Rayalseema di India tenggara. Di tengah ada meja hitam yang cocok dan kursi ruang makan dengan kursi kain hitam.

Seperti di kamar-kamar lain di lantai dasar, dinding dicuci dengan plester abu-abu sehingga elemen kayu bisa menonjol.

VS House dirancang oleh Sārānsh

Ada juga campuran batu India di kamar mandi. Sementara ubin abu-abu berbintik diletakkan di lantai dan dinding, marmer berurat, berwarna zamrud digunakan untuk mengamankan perlengkapan seperti toilet dan cermin.

Di lantai pertama Rumah VS, sebuah penelitian dilakukan di mana bagian dari sebuah bagian terhubung ke teras yang berdekatan.

Sārānsh membayangkan ruangan ini sebagai “kotak kayu” – kayu hangat melapisi dinding, lantai, dan langit-langit yang terbalik, yang setengahnya harus dibangun kembali dari awal.

VS House dirancang oleh Sārānsh

Kayu bahkan digunakan untuk membuat meja kamar, yang menyeimbangkan volume bola yang besar.

“Tujuannya adalah untuk menciptakan perasaan memasuki gua yang terisolasi dari yang lainnya,” tambah studio.

VS House dirancang oleh Sārānsh

Bahan yang sama yang digunakan di dalam VS House juga digunakan untuk area luar, yang juga diperbarui oleh Saransh.

Sebuah dek kayu dibangun untuk menampung bak mandi air panas, dan batu kota digunakan untuk lantai ruang terbuka.

Studio juga membangun struktur seperti paviliun untuk menampung pusat kebugaran pribadi untuk keluarga.

VS House dirancang oleh Sārānsh

Sārānsh didirikan pada tahun 1994 oleh Manish dan Malini Doshi. Ini bukan proyek perumahan pertama yang telah diselesaikan studio di kota asalnya, Ahmedabad. Awal tahun ini, itu mengubah apartemen dua tempat tidur menjadi studio terbuka.

Dengan tidak adanya dinding, bahan seperti beton, ubin biru, dan jati digunakan untuk menciptakan rasa definisi antara ruang hidup.

Fotografi dari The Fishy Project.


Kredit proyek:

Rancangan: Saransh
Manajer desain: Doshi Melayu
Tim desain: Kaveesha Shah, Dipti Kotak, Khyati Pankhania, Aashna Khetan dan Punit Jain
Pemandangan: Ciptaan rhana
HVAC: Insinyur panggung udara
Listrik: Sudhir Sharma
Instalasi: Deepak
Petir: Istana kristal
Penyelesaian: Karansinh