Bloco Arquitetos mengkonfigurasi ulang apartemen Brasília dari tahun 1960-an dengan dinding tembus cahaya

Posted on


Studio Brasil Bloco Arquitetos telah menarik sebuah apartemen di Brasília yang dibangun pada 1960-an dan menyediakannya dengan kaca tembus pandang untuk mengekspos fasad blok beton yang ada.

Apartment 308 S terletak di model Superquadra Brasília, salah satu blok apartemen lengkap pertama dalam rencana perkotaan yang dirancang oleh arsitek Lucio Costa dan arsitek lanskap Burle Marx.

Apartemen 308 S oleh BLOCO Arquitetos

Sejak pembangunannya di tahun 1960-an, unit tiga kamar tidur 154 meter persegi telah dibangun kembali beberapa kali, mengubah permukaan asli dan bahan apartemen.

Selama renovasi ini, Bloco Arquitetos berfokus pada konfigurasi ulang tata ruang untuk membuka ruang tamu utama ke fasad kisi bangunan yang mengontrol aliran udara.

Apartemen 308 S oleh BLOCO Arquitetos

“Tujuan utama adalah untuk mengganti beberapa dinding dan partisi dengan elemen tembus cahaya dan untuk menghubungkan ruang makan baru, dapur dan kamar mandi pribadi dari kamar tidur utama langsung ke fasad bangunan berventilasi alami,” kata studio.

Dinding yang ada digantikan oleh serangkaian pintu kaca geser dan partisi. Mereka memisahkan dapur dari ruang makan dan ruang tamu dan membentuk lorong yang mengarah ke kamar tidur. Dua kamar tidur juga telah dikurangi ukurannya untuk memberi ruang bagi ruang makan terbuka.

Apartemen 308 S oleh BLOCO Arquitetos

Pintu geser memiliki bingkai hitam dan deretan jendela persegi panjang yang dapat diputar untuk meningkatkan aliran udara di dalam ruangan.

Selama renovasi, studio mengekspos bagian-bagian dari struktur beton asli, meninggalkan beberapa balok dan dinding terbuka. Struktur yang dipakai dikombinasikan dengan dinding putih cerah dan papan lantai kayu dipotong dalam berbagai ukuran.

Apartemen 308 S oleh BLOCO Arquitetos

Beberapa set tirai logam mekanis, asli dari apartemen, juga telah dipulihkan dan dipasang di sepanjang jendela yang menghadap ke belakang.

Dinding seperti kisi dengan guntingan persegi membentuk bagian luar bangunan dan memanjang di bagian depan unit, yang menampung dapur dan kamar mandi utama. Studio telah memasukkan sejumlah tanaman hijau di antara fasad dan struktur dinding interior.

Apartemen 308 S oleh BLOCO Arquitetos

Di dapur dan kamar mandi yang benar-benar putih, pulau dan meja rias itu dipotong dari Branco São Paulo, sebuah granit matt yang juga digunakan studio sebagai lantai.

Rincian lain seperti batu abu-abu dan ubin putih di dinding kamar mandi harus mengacu pada arsitektur khas Brasilia dari tahun 1960-an dan 70-an.

Apartemen 308 S oleh BLOCO Arquitetos

Kesombongan kamar mandi terbuat dari kayu lapis, sedangkan rak dan lemari kayu lainnya di seluruh apartemen terbuat dari industri MDF dan memiliki warna putih matt.

Beberapa perabot di apartemen dirancang oleh kreatif Brasil.

Apartemen 308 S oleh BLOCO Arquitetos

Contohnya termasuk karpet ungu bundar di ruang tamu arsitek Rodrigo Ohtake, kursi ramping yang dirancang Jorge Zalszupin pada tahun 1960-an, dan kursi ruang makan serta bangku oleh merek furnitur Brasil Cremme.

Bloco Arquitetos didirikan pada 2008 dan dipimpin oleh arsitek Daniel Mangabeira, Henrique Coutinho, dan Matheus Seco. Studio telah menyelesaikan beberapa proyek perumahan di Brasília, termasuk rumah dengan teras tertutup yang didukung oleh 10 struktur beton, dan tempat tinggal putih dengan volume sudut.

Fotografi ini dari Joana França.


Kredit proyek:

Arsitek: Daniel Mangabeira, Henrique Coutinho dan Matheus Seco
Karyawan: Giovanni Cristofaro, Bárbara Neumann dan Fernando Longhi
Kontraktor: Kisi Engenharia